Persatuan Umat

Ilustrasi Persatuan Umat oleh AI
Ilustrasi Persatuan Umat oleh AI

Tiap hari Jumat umat muslim dalam satu jamaah mengadakan salat Jumat dan diiringi dengan penggalangan dana infaq yang digunakan untuk operasional jamaah tersebut ataupun kegiatan lainnya terkait dengan kemasjidan. Dalam satu tahun kurang lebih ada 52 kali jumatan, yang artinya ada proses penggalangan dana 52 kali.


Dalam satu tahun umat muslim mengadakan salat idul Fitri dan idul Adha artinya ada dua kali momen yang bila disatukan akan menjadi kekuatan yang hebat. Kekuatan syiar ukhuwah islamiyah dalam satu desa (kelurahan) atau gabungan beberapa jamaah. Salat di lapangan sesuai dengan sunnah Rasul di mana Rasulullah mengajarkan salat Ied di lapangan, dan pernah sekali melakukan di masjid karena hujan.


Berduyun-duyun warga dari berbagai jamaah menuju satu lapangan merupakan pemandangan yang akan dikenang dan terkenang oleh anak-anak maupun orang dewasa. Saling menyapa saling berbagi dan saling bertatap muka dalam satu tempat yang indah merupakan kebahagiaan yang tidak mudah didapat.


Potensi pendanaan dari berbagai jamaah yang dikumpulkan jadi satu tentu menjadi kekuatan dana yang bergabung setahun dua kali. Pengelolaan yang terpadu akan menghasilkan kekuatan dana umat yang cukup baik mengcover kegiatan bersama. Bismillah letak sifat dan sikap legowo dari para jamaah yang berkenan bersatu padu dalam kegiatan untuk syiar maupun pendanaan bersama.


Persatuan tingkat yang paling luas adalah dalam ibadah haji dan umroh dimana umat sedunia berkumpul menjadi satu di Mekah dan Madinah. Tentu seiring pula dengan potensi ekonomi yang muncul dengan berkumpulnya orang-orang di sana.


Ada kalanya memang kita perlu berpikir sempit untuk daerah lingkungan terkecil kita atau jamaah kita. Tapi sebaiknya kita harus pula berpikir kemaslahatan dan efek yang lebih baik dengan berkumpulnya beberapa jamaah di tempat yang lebih luas yakni di tanah lapang. Dan tentu menjadi keniscayaan berkumpulnya muslim di tingkat dunia pada saat ibadah haji dan umroh.


Ukhuwah islamiyah be inspiring

Ditulis oleh: Yuliyanto

Scroll to Top