Suatu Pagi di Pengajian Ahad Wage PCM Moyudan

Pagi itu, di timur fajar cerah gemerlapan, matahari merekah dengan cahaya keemasan, menerpa embun pagi yang menggelayut lembut di ujung dedaunan, menyambut pengajian pagi warga muhammadiyah Moyudan, Ahad wage 19 November 2023, di masjid Al Muttaqin dusun Tiwir, Sumbersari, Moyudan, yang terletak di sudut tenggara Kecamatan Moyudan.


Antusiasme warga muhammadiyah terbilang cukup tinggi, terbukti masjid tak mampu menampung banyaknya peserta pengajian, hingga meluber ke halaman warga.


Disamping agenda utama pengajian, juga disertai pembagian santunan duafa dari Lazismu Moyudan.


Hadir sebagai pembicara Ustadz dr. H. Muhammad Ariffudin, Sp. OT,. anggota majlis tarjih dan tajdid Pengurus Pusat Muhammadiyah.



Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan riwayat seorang dari Madinah datang jauh ke Damaskus bertemu Abu Darda demi mendengar satu hadist yang berbunyi: man salaka thoriiqoy yaltamisu fiihi ‘ilman sahhalallohulahu bihi thoriiqon ilal jannah ( HR. Muslim).
Artinya: “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudhkan baginya diantara jalan menuju syurga”.


Dalam penjelasannya beliau menyampaikan keutamaan menuntut ilmu, bahwa dengan ilmu akan dimudahkan jalan menuju syurga. Dalam hal ini ada dua makna, bisa jadi benar-benar ia ke majlis ilmu melewati sebuah jalan, bisa jadi maknanya adalah ia lakukan cara apapun untuk meraih ilmu, salah satunya menyempatkan diri datang ke pengajian.


Selanjutnya beliau menyampaikan tafsir sural Al- Ankabut ayat 1-3.dimana ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah SWT mengingatkan kita, pasti akan mendatangkan ujian atau cobaan diantara kita untuk menguji seberapa besar keimanan kita. Iman itu harus dibuktikan dengan batin, lisan dan perbuatan, pungkasnya.


Di akhir ceramahnya ustadz Muhammad Ariffudin menceritakan romantika perjuangan merintis dan mengembangkan amal usaha muhammadiyah di bidang kesehatan. Beliau bercerita tentang masa-masa sulit diawal membangun PKU Muhammadiyah Gamping dari nol sampai sebesar hari ini, termasuk saat ini sedang proses mendirikan PKU Muhammadiyah Sleman.


Pengajian ini rutin diadakan oleh PCM Moyudan setiap hari Ahad Wage bergiliran bertempat di ranting-ranting wilayah moyudan, sekaligus sebagai konsolidasi dan menggelorakan semangat warga muhammadiyah Moyudan.


Oleh: Edy Rohman – Anngota majelis litbang dan TI PCM Moyudan

Scroll to Top