Musycab Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Moyudan & Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan


Ahad, 3 Desember 2023, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Moyudan & Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan telah melaksanakan Musyawarah Cabang (Musycab). Musycab kali ini dilaksanakan di gedung aula SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Momen yang berbahagia ini juga dihadiri oleh bapak H. Abu Hanifah, S.Ag, MSI yang mewakili sekaligus ketua PCM Moyudan, ibu Dra. Sita Winayah yang mewakili sekaligus ketua PCA Moyudan, Prakasa Radya Sulendra yang mewakili sekaligus ketua PDM Sleman, Sofia Nuria Melati, S.E. yang mewakili sekaligus ketua PDNA Sleman, serta bapak H. Sofyan Haryanto, S.E yang mewakili sekaligus ketua LazisMu Moyudan. Alhamdulillah, acara berhasil dilaksanakan dengan lancar tanpa terkendali apapun sehingga mencapai mufakat.


Rangkaian acara dimulai pukul 07.00 dengan proses registrasi peserta. Setelah peserta dan tamu undangan memenuhi tempat yang disediakan, MC kemudian membuka acara pada pukul 08.00. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah satu anggota PCPM Moyudan yaitu Satria Bonang C.J. Setelah itu disusul dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Muhammadiyah, Mars Pemuda Muhammadiyah, dan Mars Nasyiyatul ‘Aisyiyah yang dipandu oleh anggota PCNA Moyudan Latifah Rahmawati.


Sambutan-sambutan

Sambutan pertama disampaikan oleh Muhammad Harir Ma’ruf selaku ketua panitia Musycab PCPM & PCNA kali ini. Ia mengucapkan banyak termakasih kepada para hadirin yang telah menghadiri Musycab kali ini.



Sambutan ke-2 disampaikan oleh Wahyu Suprihatin selaku ketua PCPM Moyudan periode 2018-2023. Dalam sambutannya, ia menyampaikan terimakasih atas kinerja para anggota PCPM dan PCNA Moyudan. Karena atas kinerja tersebut baik PCPM Moyudan maupun PCNA Moyudan bisa menunaikan sebagian besar program yang sudah direncanakan pada awal kepengurusan. Salah satu yang ia sorot yaitu tentang inisiasi Muhammadiyah Business Center (MBC) Moyudan. Ia berharap MBC dapat terus berjalan agar dapat memberikan manfaat pada masyarakat pada sektor ekonomi. Ia juga berharap agar semua elemen Muhammadiyah Moyudan dapat terus bersinergi dan saling memberikan dukungan satu sama lain agar pergerakan Muhammadiyah khususnya di Moyudan dapat terus-menerus lebih baik di masa mendatang.



Sambutan ke-3 disampaikan oleh Pinky Alifah Sosari, S.T. selaku ketua PCNA Moyudan 2017-2022. Dalam sambutannya, ia menyemangati dan berpesan kepada kepengurusan mendatang agar pergerakan yang dilakukan oleh PCPM & PCNA dapat memberikan dampak baik ke masyarakat lebih luas lagi. Serta untuk dapat mencapainya, efektivitas dan efisiensi dalam bekerja harus lebih ditingkatkan.



Sambutan ke-4 disampaikan oleh bapak H. Abu Hanifah, S.Ag, MSI selaku ketua PCM Moyudan periode saat ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan siap mendukung PCPM Moyudan & PCNA Moyudan agar program-program yang akan dicanangkan oleh PCPM & PCNA Moyudan dapat terlaksana dengan baik. Beliau juga merespon mengenai MBC yang sebelumnya disorot oleh Wahyu Suprihatin dalam sambutannya. Terkait hal tersebut beliau menyampaikan bahwa bapak-bapak di PCM Moyudan akan segera menindaklanjutinya agar MBC bisa lebih baik lagi.



Sambutan ke-5 disampaikan oleh ibu Dra. Sita Winayah selaku ketua PCA Moyudan periode saat ini. Sebelum menyampaikan inti dari pesan beliau, beliau mencairkan suasana dengan candaan, para anggota PCPM & PCNA harus bergembira karena tergabung dalam PCPM & PCNA merupkan kesempatan yang baik untuk mengembangkan diri selain mendapat banyak pengalaman dari organisasi, syukur-syukur di dalam PCPM & PCNA bisa bertemu dengan jodoh. Namun terlepas dari candaan tersebut beliau menegaskan bahwa anggota PCPM & PCNA memang patut bersyukur karena tergabung dalam organisasi seperti ini benar-benar dapat meningkatkan kualitas diri dari berbagai aspek salah satunya yaitu time management.



Sambutan ke-6 disampaikan oleh Sofia Nuria Melati, S.E. selaku ketua PDNA Sleman periode saat ini. Beliau menyampaikan selamat Musycab Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Moyudan & Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan dan memberikan semangat kepada kepengurusan yang akan datang.



Sambutan ke-7 disampaikan oleh Prakasa Radya Sulendra selaku ketua PDPM Sleman periode saat ini. Baliau juga menyampaikan selamat Musycab Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Moyudan & Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan. Beliau berpesan agar di kepengurusan yang akan datang PCPM & PCNA bisa lebih baik lagi. Selain menyampaikan sambutan, beliau juga membuka Musyawarah Cabang.


Sidang Pleno I-IV


Setelah sambutan-sambutan yang disampaikan panitia dan jajaran pimpinan, acara dilanjutkan dengan pembacaan Sidang Pleno. Untuk Sidang Pleno, peserta dibagi menjadi 2 ruangan. Untuk PCPM tetap berada di aula SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, sedangkan untuk PCNA berpindah di ruang tata hidang SMK Muhammadiyah 1 Moyudan.


Pada sidang pleno I, para pimpinan sidang masing-masing membacakan tata tertib Musyawarah Cabang yang terdiri dari 19 pasal. Setelah tata tertib dibacakan, sidang dilanjutkan dengan sidang pleno II. Pimpinan sidang yang juga merupakan ketua pada kepengurusan di periode sebelumnya juga membacakan laporan pertanggungjawaban. Masing-masing dari pengurus harian dan koordinator bidang membacakan laporan masing-masing.


Pada sidang pleno III, panitia pemilihan membacakan tata tertib pemilihan dan pemungutan suara. Setelah semua tata tertib dibacakan, tiba lah waktunya para peserta untuk memlih 7 calon formatur. Pemilihan berjalan lancar dan tertib sesuai harapan panitia. Setelah pemilihan selesai, acara dilanjutkan dengan sidang pleno IV yang merupakan pembacaan hasil dari pemungutan suara. Sidang I sampai IV selesai menjelang waktu shalat Dhuhur, acara dilanjutkan Ishoma.


Hasil Pemungutan Suara

Setelah shalat dhuhur berjamaah, acara dilanjutkan dengan pembacaan hasil pemungutan suara. Tercatat hasil yang didapatkan seperti di bawah ini:

PCPM


Ketua Umum: Muhammad Azis Fajri

Ketua I: Muhammad Harir Ma’ruf

Ketua II: Yolindrawan Yudhistira

Sekretaris I: Ilham Septian Fajar

Sekretaris II: Abiyyu Adhlan Fadhlulloh

Bendahara I: Luthfi Alaudin Afif

Bendahara II: Nasrul Arif Rahman


PCNA


Ketua Umum: Rita Imawati

Ketua I: Rini Wijayanti

Ketua II: Afi Rahmawati

Sekretaris I: Amalia Khusnun Amiroh

Sekretaris II: Shafa’ Alsalsabiila Nafi’

Bendahara I: Amanda Lazuardi

Bendahara II: Aghni Anzani Dwi Astuti


Setelah hasil musyawarah tersebut dibacakan oleh panitia pemilihan, jajaran terpilih dari PCPM maju ke depan untuk menyampaikan sambutan. Sambutan disampaikan oleh Muhammad Harir Ma’ruf karena Muhammad Azis Fajri terpaksa harus meninggalkan acara dan tidak dapat mengikuti rangkaian acara hingga acara selesai karena ada keperluan lain yang mendesak. Setelah sambutan dari para jajaran terpilih dari PCPM, jajaran terpilih PCNA juga maju ke depan untuk menyampaikan sambutan. Sambutan dari PCNA yang baru disampaikan oleh Rita Imawati.


Seluruh rangkaian acara Musyawarah Cabang Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Moyudan & Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan selesai kurang lebih pukul 13.00.

Scroll to Top