Pengajian Ahad Wage Maret 2024, 22 Sya’ban 1445H: Keutamaan Puasa bagi Kesehatan

Pengajian Ahad Wage

Moyudan – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Moyudan melaksanakan kegiatan rutin, Pengajian Ahad Wage, pada Ahad (3/3/2024) pukul 07.30 WIB-selesai di Masjid Jami’, Bendosari. Materi pengajian diisi oleh Ust. dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes., MMR. yang merupakan Direktur Utama PKU Muhammadiyah Gamping dengan tema Keutamaan Puasa bagi Kesehatan.


Sambutan Ketua PCM Moyudan

Abu Hanifah, S.Ag, M.Si

Ketua PCM Moyudan, Bapak H. Abu Hanifah, S.Ag., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada ranting atas upaya dalam menggerakkan anggotanya untuk menghadiri pengajian Ahad Wage dan kepada masyarakat Moyudan atas dukungannya kepada Bapak Syauqi Soeratno yang telah mendapatkan kemenangan dalam pemilihan anggota DPD RI periode 2024-2029. Beliau juga menyampaikan bahwa saat bulan Ramadan, Lazismu siap menerima zakat dan infak. Hal tersebut sejalan dengan prestasi yang diraih Lazismu Moyudan, yaitu penghargaan Pilar Kemanusiaan terbaik se-Kabupaten Sleman. Dalam pengajian Ahad Wage di Sumberagung yang akan datang, Bapak H. Abu Hanifah menargetkan 1.000 peserta yang dapat berpartisipasi.


“Saat ini, dari 29 ranting di Moyudan, 26 di antaranya sudah dikukuhkan. Banyak harapan yang ingin dicapai dalam periode ini, di antaranya terwujudnya pembangunan Kantor Cabang Moyudan dan memiliki ikon masjid besar Muhammadiyah Moyudan,” ujar Bapak H. Abu Hanifah, S.Ag., M.Si., Ahad (3/3/2024).

Materi Keutamaan Puasa bagi Kesehatan

Ust. dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes., MMR

Ustaz dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes., MMR., mengawali materi dengan ungkapan rasa senang karena dapat berkunjung ke Moyudan. Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa puasa erat kaitannya dengan kesehatan. Saat menjalani ibadah puasa, tubuh harus dalam kondisi sehat jasmani, rohani, dan sosial. Masyarakat harus dalam kondisi sehat jasmani, yaitu mempersiapkan fisik untuk ramadan, seperti mengonsumsi makanan yang halal dan toyyib, tidak boleh berlebihan (memiliki kandungan gizi yang baik), serta seimbang dalam melakukan aktivitas dan istirahat. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa puasa, dalam kondisi sosial, dapat membantu masyarakat dalam memperbaiki hubungan sosial karena banyak kegiatan sosial yang dapat dilakukan, di antaranya buka bersama, salat tarawih, dan salat subuh berjamaah. Terakhir, dalam aspek rohani, menjelang ramadan, masyarakat harus membersihkan hati, yaitu dengan mengurangi berburuk sangka terhadap orang lain.

“Puasa sangat baik untuk mengatasi penyakit diabetes, maag, dan asam lambung,” ujar Ustaz dr. H. Ahmad Faesol, Sp.Rad., M.Kes., MMR., Ahad (3/3/2024).

1 komentar untuk “Pengajian Ahad Wage Maret 2024, 22 Sya’ban 1445H: Keutamaan Puasa bagi Kesehatan”

  1. Pingback: Pengajian Ahad Wage Maret 2024, 22 Sya’ban 1445H: Keutamaan Puasa bagi Kesehatan – PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN SLEMAN DIY

Komentar ditutup.

Scroll to Top