Hari Ber-Muhammadiyah Moyudan: Pengajian Ahad Wage, Mei 2024

Dokumentasi Pengajian Ahad Wage, Mei 2024

Moyudan – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Moyudan melaksanakan kegiatan rutin, Pengajian Ahad Wage, pada Ahad (12/5/2024) pukul 07.30 WIB-selesai di Masjid Al-Muttaqin, Pandean, Sumberagung. Materi pengajian diisi oleh Ust. Harpiyanto yang berasal dari Kotagede dengan tema Keutamaan Syukur.


Acara dimulai oleh MC sekitar pukul setengah 8. Setelah acara dibuka, tadarus Al-Qur’an dilanjutkan dengan surah Al-Baqarah 254-257, dipimpin oleh bapak Tri Wiyoko S.Pd.I. Setelah tadarus Al-Qur’an selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama yaitu oleh H. Dr. Suharno selaku perwakilan takmir masjid. Kemudian sambutan yang ke-2 oleh bapak H. Abu Hanifah, S.Ag., M.Si.


Sambutan Ketua PCM Moyudan

Dokumentasi Bapak H. Abu Hanifah, S.Ag., M.Si., Saat Memberikan Sambutan

Ketua PCM Moyudan, bapak H. Abu Hanifah, S.Ag., M.Si., dalam sambutannya mengimbau warga Muhammadiyah untuk menyekolahkan putra-putrinya di AUM (Amal Usaha Muhammadiyah) Moyudan. Yang mana AUM di Moyudan cukup lengkap, mulai dari pra-TK hingga SLTA ada. Selain itu, beliau juga menyampaikan terkait viralnya larangan musik di media sosial, agar warga Muhammadiyah tidak perlu terlalu ikut dalam perdebatan tersebut, karena setiap ulama pasti memiliki faktor tersendiri dalam memberikan statement.


Dokumentasi pentasyarufan zakat, infaq, & sadaqah
Dokumentasi pentasyarufan zakat, infaq, & sadaqah

Setelah beberapa sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan pentasyarufan zakat, infaq, & sadaqah oleh LazisMu Moyudan untuk 15 siswa, yang penerimaannya secara simbolis diwakili oleh takmir masjid Celungan. Setelah pentasyarufan zakat, infaq, & sadaqah, acara dilanjutkan dengan pamitan jama’ah haji oleh Drs. Atang Basuki dari KBHIU ‘Aisyiyah Sleman. Alhamdulillah jam’ah yang berangkat haji tahun ini dari Moyudan berjumlah 22 orang.


Materi Keutamaan Syukur

Dokumentasi Ust. Harpianto Saat Menyampaikan Materi Mengenai Keutamaan Syukur

Dalam materinya, Ustaz Harpianto menyampaikan materi mengenai keutamaan syukur dan mengajak masyarakat untuk senantiasa bersyukur. Di sela-sela materinya, beliau menyambung hal yang disampaikan oleh Bapak Abu Hanifah. Beliau menyampaikan bahwa seni itu bebas nilai, namun masyarakat Islam sebagai pelaku maupun penikmat seni, harus pandai memilah mana yang sesedikit mungkin mengandung madharat. Dalam materinya, beliau menyampaikan perintah bersyukur dalam Surah Ibrahim ayat 7 yang jika diterjemahkan berbunyi, “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat‘.”.


Dalam materinya tentang rasa syukur, Ustaz Harpianto menekankan bahwa orang-orang yang mampu bersyukur dalam kondisi rendah tentu lebih mulai daripada yang dapat bersyukur dalam kondisi tinggi. Beliau memberikan beberapa perumpamaan seperti: bersyukur di kala miskin akan lebih sulit daripada bersyukur di kondisi serba berkecukupan, bersyukur di kondisi sakit akan lebih sulit daripada bersyukur di kondisi sehat wal afyat.


Di penghujung pengajiannya, Ustaz Harpianto juga mengajak peserta pengajian untuk bertahlil bersama dengan dipimpin oleh beliau. Beliau maksudkan ini untuk mengajak para peserta mengingat kematian. Dengan dasar “bisa karena terbiasa”, membiasakan bertahlil insyaallah di akhir hayat akan dapat melafalkan tahlil. Setelah itu pengajian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh beliau.


Informasi Tambahan

Dokumentasi Informasi Klinik Pratama 'Aisyiyah
Dokumentasi Informasi Klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan

Pada sesi acara Lain-lain, Dokter Alfu Rafdi dari klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan diberikan kesempatan untuk menyampaikan informasi. Beliau menghimbau agar masyarakat Muhammadiyah Moyudan dapat menjadikan klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan sebagai faskes yang dipilih pada program pemerintah BPJS. Selain itu beliau juga menginformasikan pada peserta pengajian bahwa setelah pengajian selesai, peserta pengajian yang berkenan dapat melakukan pengobatan & periksa gratis yang dilayani oleh klinik Pratama ‘Aisyiyah yang membuka stand di belakang panggung.


Pengobatan dan Periksa Gratis Klinik Pratama 'Aisyiyah Gedongan
Pengobatan dan Periksa Gratis Klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan

Selain stand pengobatan & periksa gratis oleh klinik Pratama ‘Aisyiyah Moyudan, juga terdapat stand UMKM lokal yang berada di sebelah barat panggung yang dapat di larisi. Informasi terakhir yaitu perolehan infaq total pada pengajian Ahad Wage kali ini yaitu sebesar Rp5.400.000,00.

Scroll to Top