K-Kemayu: Langit Mendung, Mentari Terbit Menavigasi Emosi

Dokumentasi Pelaksanan K-Kemayu pada Ahad (22/9/2024).

Moyudan – Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Moyudan mengadakan kegiatan K-Kemayu (Kajian Kemuslimahan Nasyiatul ‘Aisyiyah Moyudan) pada Ahad, 22 September 2024, pukul 07.30 WIB-selesai di Gedung Dakwah Muhammadiyah Patran, Sumbersari.


K-Kemayu merupakan agenda rutin yang diadakan oleh PCNA Moyudan. Dalam K-Kemayu kali ini, tema yang diusung adalah “Langit Mendung, Mentari Terbit Menavigasi Emosi” dengan pembicara Ustazah Sarita M. Matulu, M.Psi., Psikolog (psikolog @temanbaik_kamu). Terdapat beberapa rangkaian kegiatan dalam K-Kemayu, di antaranya:

  1. Pembukaan
  2. Tadarus Al-Qur’an
  3. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Sang Surya, dan Mars Nasyiatul ‘Aisyiyah
  4. Komitmen Kader Nasyiatul ‘Aisyiyah
  5. Sambutan
  6. Pemaparan Materi
  7. Life Skill
  8. Penutup

Sambutan

Sambutan pertama disampaikan oleh Ayunda Rita, selaku ketua PCNA Moyudan. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada peserta K-Kemayu yang hadir dan berharap K-Kemayu dapat menambah relasi, pengetahuan, dan dapat konsisten diadakan dua bulan sekali.

Dokumentasi Saat Ayunda Rita menyampaikan Sambutan Pada Ahad (22/9/24).

Sambutan kedua disampaikan oleh Ibunda Yuli, selaku perwakilan PCA Moyudan. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi dilaksanakannya K-Kemayu dan berharap K-Kemayu dapat membawa manfaat yang besar. Beliau juga berpesan kepada PCNA Moyudan untuk jangan sungkan bersinergi dan berkomunikasi dengan Ibu ‘Aisyiyah dan Bapak Muhammadiyah Moyudan.


Pemaparan Materi

Dokumentasi Ustazah Sarita M. Matulu, M.Psi., Psikolog. Saat Menyampaikan Materi Pada Ahad (22/9/24).

Ustazah Sarita M. Matulu, M.Psi., Psikolog., menyampaikan bahwa emosi merupakan sinkronisasi dari respon fisiologis, pikiran, perasaan, serta perilaku yang sifatnya evaluatif. Emosi bukan hanya perasaan, yang paling bisa mendefinisikan perasaan kita adalah diri kita sendiri. Beliau juga menyampaikan bahwa terdapat tiga hal untuk mengelola emosi, yaitu:

  1. Mengenali tanda-tanda munculnya emosi pada diri kita
  2. Menyadari situasi, pikiran, perasaan, kecenderungan atau perilaku yang muncul, serta konsekuensi dari pilihan perilaku kita
  3. Mengelola respon perilaku supaya adaptif dan sehat

Ustazah Sarita M. Matulu, M.Psi, Psikolog., juga meyampaikan cara mengelola emosi, yaitu membangun jeda, membangun pola pikir yang sehat dan positif, membaca kalimat ta’awuz, membangun pola hidup sehat, serta menjaga pola ibadah dan keterhubungan hati dengan Allah SWT.

“Kemampuan mengelola emosi adalah skill yang perlu diasah dari hari ke hari secara terus-menerus karena emosi adalah sesuatu yang selalu kita rasakan di setiap waktu,” – Ustazah Sarita M. Matulu, M.PSi., Psikolog. (Ahad, 22/9/2024)


Life Skill: Pembuatan Yogurt

Dokumentasi Saat Pemaparan Pembuatan Yogurt Pada Ahad (22/9/24).

Pada K-Kemayu kali ini, life skill yang dilakukan adalah pembuatan yogurt. Diharapkan dengan adanya pelatihan life skill ini, peserta dapat memiliki keahlian tambahan yang bermanfaat untuk kehidupan. Pembuatan yogurt dipandu oleh Ayunda Ami dan Ayunda Rini. Berikut merupakan langkah-langkah pembuatan yogurt.

  1. Penyiapan susu
  2. Kulturisasi
  3. Inkubasi
  4. Penyajian
Scroll to Top