KAMUDA Akbar Menyambut Musycab PCPM & PCNA Moyudan


Sabtu, 18 November 2023, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Nasyiyatul ‘Aisyiyah Moyudan bersama remaja masjid Nurul Haq, Ngrandu menyelenggarakan KAMUDA (Kajian Angkatan Muda Muhammadiyah Moyudan) Akbar. Kajian tersebut dilaksanakan di dalam masjid Nurul Haq yang beralamat di Ngrandu, Sumberarum, Moyudan, Sleman. Rangkaian acara dimulai pukul 19.00 dengan shalat Isya’ berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan sedikit persiapan.



Sebelum acara inti dibuka, sembari menunggu peserta memenuhi masjid, grup nasyid “Mocapella” menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Jagalah Hati” yang di-arasemen dengan versi “acapella”. Lagu ini pada masanya dipopulerkan oleh “Snada”. Sebelum mulai bernyanyi, sudara Muhammad Harir Ma’ruf yang menjadi leader dari grup tersebut menyampaikan bahwa Mocapella ini adalah salah satu wadah bagi para pemuda-pemudi yang hendak menyalurkan kreatifitasnya di bidang seni musik. Ia menjelaskan bahwa saat ini grup ini masih dalam tahap inisiasi serta siapapun yang tertarik nantinya dapat ikut bergabung. Setelah penampilan dari Mocapella barulah MC membuka acara inti.



Acara inti dimulai sekitar pukul 20.15 disusul dengan Tilawah Al-Qur’an yang dibacakan oleh salah satu peserta yang berasal dari jama’ah masjid Nurul Haq. Setelah Tilawah, grup nasyid “Halusinasyid” yang merupakan bintang tamu utama pada KAMUDA kali ini menyanyikan 1 lagu dari Saybyan Gambus yang berjudul “Ya Maulana” dan juga 1 “Shalawat Badar” yang mereka arasemen dengan “acapella” juga. Halusinasyid adalah grup nasyid yang berasal dari Godean, Sleman, yang beranggotakan 6 orang. Anggota-anggotanya merupakan alumni SMA N 1 Godean. Namun pada malam tersebut hanya 4 orang yang dapat hadir memeriahkan KAMUDA. Akan tetapi kendati begitu, penampilan para pemuda ini tetap tidak mengecewakan. Pada dasarnya, group inilah yang menginspirasi PCPM & PCNA Moyudan untuk menginisiasi pembentukan grup nasyid Mocapella sebelumnya.



Setelah penampilan dari Halusinasyid, suadara Difa Nuari Sapta mewakili dari PCPM & PCNA Moyudan menyampaikan sambutannya. Di dalam sambutannya, Ia mengapresiasi kesediaan para peserta yang hadir, yang sudah meluangkan waktu menghadiri KAMUDA kali ini, mengingat pada waktu yang sama itu memang banyak acara besar yang berbarengan. Setelah sambutan selesai, acara yang selanjutnya yaitu inti dari pengajian yang disampaikan oleh ustadz Rizki Ashidqi, M. Pd.



Untuk mengumpulkan atensi dan konsentrasi audiens, ustadz memulai apa yang akan disampaikan oleh beliau dengan sebuah pantun dan kuis setelah membuka pengajian dengan salam. Materi yang disampaikan oleh beliau pada pengajian ini yaitu tentang simpati kita kepada saudara jauh kita yang ada di Palestina yang saat ini sedang berjuang menghadapi penjajahan oleh Israel. Pada awal materi yang disampaikan, beliau mengajak beberapa peserta untuk maju ke depan untuk mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang perang antara Palestina dan Israel yang terjadi saat ini. Setelahnya, untuk memberikan gambaran tentang apa yang terjadi di sana, beliau memutar video pada salah satu slide dalam presentasinya, agar para peserta bisa memahami konteks materi.



Setelah memberikan sedikit gambaran ustadz Rizki menjelaskan berbagai hal tentang bangsa Palestina dan juga Israel. Beberapa di antaranya yaitu sejarah, letak geografis dan juga asal-usul konflik antara kedua negara. Beliau mengajak peserta untuk tetap menyuarakan dukungan kepada Palestina dengan cara apapun yang mampu diupayakan, baik materi, moral, maupun doa. Terakhir, beliau mengajak untuk berdoa bersama dengan dipimpin oleh beliau sendiri mengharap supaya saudara-saudara kita di Palestina bisa mendapatkan kemerdekaan.



Setelah inti pengajian yang disampaikan oleh ustadz Rizki Ashidqi, M. PD., acara dilanjutkan dengan sesi lain-lain. Pada sesi tersebut saudara Muhammad Harir Ma’ruf menyampaikan beberapa pengumuman yang diantaranya yaitu ajakan untuk menghadiri Musycab PCPM & PCNA Moyudan mendatang yang akan dilaksanakan pada 3 Desember 2023 dan bertempat di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Acara ditutup sekitar pukul 21.40 dilanjutkan dengan foto dan makan bersama.


Scroll to Top